+ -

11/8/11

Apa sih Blog itu?

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Web log atau lebih singkatnya Blog. Satu pertanyaan terlintas dalam fikiran saya saat dulu di MTs saya disuruh oleh guru TIK untuk membuat blog sebagai bahan ujian praktik.. Apa sih Blog itu? Sampai akhirnya saya tiba di MAN 9 dan bertemu dengan materi Blog lagi.. 

Setelah saya mencari, belajar, dan sedikit mengerti mengenai apa itu Blog, saya ingin berbagi sedikit dengan pembaca dengan bahasa saya sendiri..


Web log atau yang lebih singkat Blog adalah sebuah halaman web yang berisi tulisan-tulisan (posting) pada sebuah halaman (page). Tulisan-tulisan tersebut dibuat oleh penulis blog untuk disebarkan kepada seluruh pengguna internet yang butuh akan informasi tertentu. Jika seseorang ingin mencari sebuah informasi di search engine, tentu saja ia langsung diarahkan ke sebuah blog yang memiliki informasi tersebut. Blog sebagai sumber informasi di internet hendaknya memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya. Yakni dengan memberi ruang untuk pembaca meninggalkan komentar terhadap isi tulisan yang dibuat oleh penulis. Blog mempunyai fungsi yang beragam, contohnya sebagai sarana ekspresi diri, belajar, bisnis, dll. Fungsi tersebut disesuaikan oleh tujuan yang diinginkan oleh penulis dalm blognya. Blog disediakan oleh situs penyedia blog, salah satunya yaitu WordPress yang digunakan oleh Blog MAN 9. Contoh lain situs penyedia blog adalah Blogger, Blogdetik, Multiply, Livejournal.

5 FEE: Apa sih Blog itu? Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Web log atau lebih singkatnya Blog. Satu pertanyaan terlintas dalam fikiran saya saat...

No comments:

Post a Comment

< >