+ -

3/6/12

Rumus Waktu Ujian

Ide ini terlintas di benak saya saat menjalani ujian di ruangan ujian. Saat itu saya sedang mencoret-coret kertas karena pelajarannya hitungan. Tapi entah kenapa tiba-tiba saya berpikir tentang sebuah rumus dan saya ingin menulisnya di Blog. Rumus yang saya dapatkan yaitu :

“Ketelitian pengawas berbanding terbalik dengan potensi nyontek saat ujian”

Dan rumus itu sudah terbukti di ruangan saya. Kebetulan saat pelajaran hitungan pengawasnya itu killer, susah banget buat nyontek. Baru nengok sedikit aja udah ditegor. Pengawas killer itu memang sangat teliti terhadap gerak-gerik peserta ujian.

Kalau dalam grafik, bisa dijelaskan sebagai berikut..

Ket :
KPw       = Ketelitian Pengawas
PNy        = Potensi Nyontek












Grafik tersebut berbunyi :

“Jika Ketelitian Pengawas tinggi, maka Potensi Nyontek akan sedikit dan Jika Ketelitian Pengawas rendah, maka Potensi Nyontek akan banyak”

Saya bukan mengajarkan untuk menyontek saat ujian, tapi inilah yang terjadi saat ujian berlangsung. Peserta ujian yang tidak mempersiapkan diri dengan belajar yang baik akan senang jika tau pengawasnya itu tidak teliti (mudah untuk nyontek) dan dia akan resah gelisah jika tau pengawasnya itu sangat teliti (susah untuk nyontek).

Oleh karena itu dengan dibacanya artikel ini saya ingin mengajak kamu yang jadi peserta ujian untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum ujian. Kalau kamu sudah mempersiapkan diri, tidak peduli apakah pengawasnya itu killer atau bukan. Pasti kamu sudah yakin dengan dirimu sendiri. Saat ujian itu yang terpenting percaya akan kemampuan diri sendiri. Jangan terpengaruh dengan teman lain.
Misalnya : Kamu telah berpikir untuk mencari jawaban sebuah soal dan kamu berhasil menemukannya, tapi saat kamu tanya teman yang lebih pintar ternyata jawabannya berbeda mungkin kamu akan lebih percaya dengan teman yang lebih pintar.
Perlu digaris bawahi Perilaku tersebut SALAH!
Orang pintar bukanlah Dewa, dia juga Manusia yang memiliki kesalahan. Siapa tau jawaban kamu yang benar. Akan lebih bangga jika kamu berhasil dengan hasil usaha sendiri daripada hasil dari orang lain.
Kalo mau liat tips belajar, klik aja disini

5 FEE: Rumus Waktu Ujian Ide ini terlintas di benak saya saat menjalani ujian di ruangan ujian. Saat itu saya sedang mencoret-coret kertas karena pelajarannya hitu...

1 comment:

< >