+ -

5/3/12

Permainan Sederhana Waktu di Kelas

Sebagai seorang pelajar pasti ada rasa jenuh saat belajar di dalam kelas. Salah satu cara menghilangkan kejenuhan adalah bermain. Permainan-permainan ini sangat mudah dilakukan.
Berikut ini adalah beberapa permainan yang biasa saya mainkan sewaktu di dalam kelas. Baik itu saat ada gurunya, atau saat gurunya lagi mengajar
*Loh? apa bedanya? :D

  1. ABC 5 dasar
    Entah ini permainan berasal dari mana, tapi permainan ini cukup populer di kalangan anak-anak. Cara bermainnya cukup mudah, hanya dengan 2 orang pun bisa bermain. Bisa mencari nama buah, nama benda, nama negara, nama pacar, nama mantan, dll.. hehehe
    Dengan berkata "ABC 5 daaasar!" (sambil merentangkan jumlah jari yang kita mau).
    Kemudian jumlah jarinya akan dihitung dan diurutkan berdasarkan huruf abjad. Dan huruf tersebut yang akan dijadikan acuan nama-nama tersebut. Terus yang kalah diberi hukuman sentilan biasanya.
    Kalau mainnya pelan-pelan mungkin gak ketauan guru di kelas. Tapi kalau kamu lagi apes terus ketauan guru yang lagi ngajar, ajak aja gurunya ikutan main :)

  2. Adu ayam
    Wah..?? masa bawa ayam ke dalam kelas.
    hehe

    Ini bukan ayam hewan, tapi permainan yang kalau dilihat-lihat seperti orang lagi mengadu ayam. Sebenarnya yang diadu adalah jempol tangan pemain. Pemainnya cukup 2 orang saja, karena gak mungkin main adu ayam dengan 3 pemain atau lebih.
    Cara bermainnya dengan menggandengkan/merekatkan tangan kanan pemain dengan tangan kanan lawan. Yang jadi gacoannya adalah jempol. Disinilah ajang adu kekuatan jempol kamu! :D
    Yang menang adalah pemain yang bisa menekan jempol lawan selama 10 detik.
    Lumayan pegel juga si, kalau abis main ini biasanya gak enak buat megang pulpen.

  3. Polisi-polisian
    Permainan ini adalah bermain peran. Ada yang menjadi Polisi, Maling, Anak nangis, Anjing pelacak, Jaksa, Hakim, dan Algojo.
    Cukup dengan menyediakan 7 lembar kertas kecil yang di dalamnya tertulis masing-masing peran yang akan dijalani pemain. Kemudian kertasnya di gulung dan pemain disuruh memilih acak kertas tersebut.
    Tugas masing-masing peran :
    - Anak nangis tugasnya nangis, terus lapor ke polisi kalau dia kemalingan.
    - Polisi tugasnya menanggapi laporan anak nangis dan menyuruh anjing pelacak menebak siapa maling diantara para pemain.
    - Anjing pelacak tugasnya melacak siapakah maling diantara para pemain. Biasanya pemain yang gerak-geriknya aneh, dialah malingnya. Tapi kalau anjing pelacak salah menebak, anjing pelacak lah yang akan menjalani hukuman.
    - Maling tugasnya diem, pura-pura gak tau apa-apa supaya gak dicurigai oleh anjing pelacak. Kalau maling ketahuan, maka dia akan menjalani hukuman.
    - Hakim tugasnya menetapkan hukuman bagi maling yang tertangkap.
    - Jaksa tugasnya mengubah atau menambahkan hukuman yang ditetapkan hakim.
    - Algojo tugasnya mengeksekusi maling tersebut.
Hmm..
Ini permainan saya, apa permainanmu??? :D

5 FEE: Permainan Sederhana Waktu di Kelas Sebagai seorang pelajar pasti ada rasa jenuh saat belajar di dalam kelas. Salah satu cara menghilangkan kejenuhan adalah bermain. Permaina...

No comments:

Post a Comment

< >